SMILE...^_^

Selasa, 08 Mei 2012

MISTERI PERADABAN ; MANUSIA TERDAHULU TERNYATA JAUH LEBIH CANGGIH – By Arif RH


MISTERI PERADABAN ; MANUSIA TERDAHULU TERNYATA JAUH LEBIH CANGGIH – Bagian 1


“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”
(Terjemahan QS Al- Baqarah ayat 30)

Sebenarnya rasa penasaran tentang topik ini sudah cukup lama yaitu sejak saya berdiskusi via chatting di facebook dengan pak Agung Webe beberapa bulan lalu. Sejak momen itu saya terus menelusuri fakta-fakta sejarah tentang peradaban manusia. Dan puncaknya setelah pak Agung Webe beberapa hari kemarin merelease note berjudul Mahabarata ; Sebuah Bencana Teknologi. Wow, setelah membaca note pak Agung Webe tersebut hasrat saya untuk “kuliah di universitas google” semakin besar dan ingin men-share-kan temuan-temuan saya tersebut ke dalam sebuah note. Sejauh ini saya sudah melakukan cek dan recheck data yang menjadi bahan note ini, karena anda tahu sendiri di dunia maya cukup banyak hoax alias berita palsu yang menyesatkan. Namun saya menyarankan setelah anda membaca note ini untuk tetap melakukan recheck dan crosscheck dan segera berikan feedback kepada note ini jika menemukan beberapa data yang tidak valid. Baik, kita masuk pada pembahasan tentang misteri peradaban manusia.

Sebagian dari anda mungkin ada yang sudah pernah nonton film kartun THE FLINSTONE yang populer di Indonesia sekitar tahun 1990 an. Dalam film tersebut setting ceritanya adalah kehidupan keseharian para manusia purba di zaman batu dengan teknologi seadanya “yang dipaksakan modern”, misal ada mobil yang karoserinya dari kayu, bannya dari batu, dan tenaga penggeraknya dengan cara si driver berlari menggunakan kakinya, hua ha ha sama aja gak naik mobil tho? Naik mobil kok “ngos-ngos”-an hihihi. Ada juga alat musik dimana piringan hitam / CD nya berbahan dasar dari batu, kulkas dari batu dan sebagainya. Hua ha ha, lucu pokoknya. Ulah sang tokoh utama yaitu Alfred Flinstone (kalau gak keliru) yang polos dan konyol juga semakin menambah kelucuannya ha ha ha.

Kehadiran film kartun The Flinstone membuat saya berasumsi ya yang namanya jaman dahulu sangat primitif, kuno, tidak canggih seperti sekarang. Apalagi waktu SMP jaman saya dulu masih diajarkan teori evolusi manusia dari manusia purba ke manusia modern. O ya satu lagi tentunya kisah tentang Adam dan Hawa yang “didoktrinkan” sebagai manusia pertama. Dalam kepala saya terbersit sebuah pemikiran bahwa Adam dan Hawa ya sangat primitif kehidupannya kayak film The Flinstone itu. Hidup dengan teknologi seadanya. Kesimpulan saya peradaban bergerak maju, waktu zaman dulu primitif dan sekarang ini jauh lebih modern. Dan saya yakin kesimpulan kebanyakan orang memiliki kesimpulan sebagaimana saya.

Tapi tunggu dulu. Setelah tuntas membaca note ini, saya yakin kesimpulan anda akan berubah drastis. Ternyata manusia di zaman dahulu itu jauh lebih canggih dan jauh lebih modern di bandingkan saat ini. Adam dan Hawa juga ternyata BUKAN MANUSIA PERTAMA. Believe of not, that’s real guys!! Ini fakta sejarah dan dibuktikan temuan-temuan arkeologis. Sejarah tidak pernah berbohong. Manusia lah yang berbohong memanipulasi sejarah demi kepentingan dan egonya. Sayangnya perbuatan manusia memanipulasi sejarah itu juga dicatat oleh sejarah.

Bersambung ke bagian 2 ...


Salam Open Mind
ARIF RH -- Keturunan Adam dan Hawa

MISTERI PERADABAN ; MANUSIA TERDAHULU TERNYATA JAUH LEBIH CANGGIH – Bagian 2


Baik, kita secara bertahap akan meluncur “menuju ke masa lalu”. Kita awali dari mesir dulu deh. Di sana ada bangunan terkenal berbentuk limas segi empat yang bernama piramida. Coba dipikir saja, gimana itu cara membangunnya? Sampai saat ini pun para ilmuwan masih takjub. Salah satu piramida bernama piramida khufu. Jumlah batu yang digunakan untuk membangun piramida khufu sekitar 2,5 juta blok batu. Bayangkan! 2,5 juta batu! Masing-masing blok batu itu beratnya 2 ton hingga 70 ton sehingga total berat piramida ini diperkirakan 6,5 juta ton. Batu-batu yang lebih besar dan berat diletakkan di bawah tentunya. Piramida ini dinobatkan menjadi struktur bangunan terberat di dunia hingga saat ini!  

Ingat, bangunan itu juga dibuat di atas PASIR! Bangunan seberat itu di atas pasir! Wow, amazing! Bukankah juga berarti perancang bangunan piramida tersebut memiliki pengetahuan mengenai teknik geologi untuk menentukan lokasi pembangunan yang kuat menahan beban seberat itu? Bagaimana memilih batu yang sesuai untuk bangunan? Bagaimana cara memotongnya? Bagaimana cara mengangkutnya ke atas? Banyak pertanyaan yang sulit dijawab meskipun pada relief di dinding piramida ada petunjuk. Yang jelas piramida dibangun dengan tingkat pengetahuan yang sangat canggih. Apakah saat itu sudah bertebaran fakultas teknik jurusan arsitektur dan teknik sipil? Ha ha ha, mumet kie.

Eits, belum selesai soal piramida mesir. Saat googling saya menemukan sebuah blog yang membahas piramida khufu. Diceritakan di situ seorang ilmuwan bernama Max Toth dalam bukunya mengenai piramida mengatakan bahwa piramida khufu mewakili hukum-hukum alam semesta yang universal. Dan hukum-hukum alam semesta yang universal itu dituangkan dalam bentuk geometri bangunan piramida itu. Contohnya ;
  • Jarak antara empat sisi di dasarnya ternyata memiliki hubungan dengan lingkaran bumi.
  • Jumlah hari dalam 100 tahun adalah 36.524 hari. Ini sama dengan total inci jarak antara empat sisi di dasarnya.
  • Perbandingan antara tinggi piramida dengan jarak antara empat sisi dibagian dasarnya tepat 3,14 atau kita kenal juga dengan sebutan Phi.
Selain soal geometri yang luar biasa lainnya adalah suhu di dalam bangunan piramida yang berada pada kondisi tetap, yaitu 68 derajat fahrenheit, sama persis dengan temperatur internal bumi. Kok bisa? Sejak bulan januari 2011 saya menelusuri tentang bangunan piramida, ternyata ini juga terkait dengan keajaiban bentuk geometri piramida. Ada beberapa bentuk arsitektur bangunan yang sangat baik dalam mengelola siklus energi yaitu, kubah (yang biasanya ada di atap masjid), oktagon dan piramida. Wow!!

Saya belum cerita yang domestik loh misalnya candi borobudur dan sebagainya. Tapi hanya dengan uraian di atas saja bukankah sangat logis kalo kita mengakui manuisa jaman dulu lebih maju dari kita? Dan tentunya kita akan tercengang jika mengetahui fakta bahwa manusia sebelum adam dan hawa jauh lebih canggih daripada bangsa mesir kuno tersebut. Mari kita simak bersama beberapa fakta penemuan arkeologis yang saya temukan dari hasil googling.
  • Penemuan bateri dari Baghdad, Iraq Pada 1930, ahli arkeologi Austria, Dr Wilhem Konig yang menjalankan kerja mencarigali di daerah Khujut Rabula, dekat Baghdad; menemui suatu objek aneh tertanam di tapak itu. Objek itu terdiri daripada silinder tembaga, batang besi serta aspal yang disusun dalam sebuah bekas tanah liat seperti tempayan kecil setinggi 14 cm dan berdiameter 8 cm. Penyelidikan lanjutan mendapati objek aneh itu ternyata berfungsi seperti bateri malah bateri kuno itu dianggarkan berusia 2,000 hingga 5,000 tahun lalu! Penemuan menggemparkan itu secara tidak langsung mencabar sejarah berikutan bateri dikatakan pertama kali dicipta pada 1800 oleh Count Alessandro Volta. Penemuan itu juga secara tidak langsung menunjukkan masyarakat purba yang wujud 5,000 tahun lalu sudah menemui tenaga elektrik sekali gus ‘menafikan’ Michael Faraday sebagai individu pertama menemui induksi elektromagnetik dan hukum elektrolisis pada 1831. Uji kaji mendapati bateri kuno itu mampu menghasilkan tenaga elektrik antara 1.5 volt hingga dua volt.
  • Lensa optik. Di lokasi sama dengan penemuan bateri kuno di Baghdad, Iraq; turut ditemui lensa optik purba yang dihasilkan kira-kira 2,200 tahun lalu. Lensa purba sebesar kira-kira dua ibu jari itu dijumpai dengan bahagian kacanya sedikit retak. Sebelum penemuan menggemparkan itu, lensa dikatakan pertama kali dihasilkan di Eropa pada abad ke-16. Bagaimanapun penemuan lensa kuno itu menunjukkan masyarakat purba sudah lama mengetahui kaedah menghasilkan lensa serta mengaplikasikannya dalam kehidupan.
  • Kalkulator kuno.  Pada 1901, penyelam di perairan pulau Antikythera, Greece menemui artifak berusia lebih 2,000 tahun dari sebuah runtuhan dasar laut. Artifak menyerupai jam itu dikaji penyelidik, Derek J De Solla Price dan didapati ia berfungsi sebagai ‘kalkulator’ yang menghitung pergerakan bintang dan planet.
  • Jantung buatan. Di dada kiri mumia anak lelaki dalam sebuah piramid Mesir, penyelidik menemui jantung buatan. Sejarah ilmu perubatan pada masa kini memperlihatkan jantung buatan hanya dihasilkan beberapa puluh tahun lalu tetapi penemuan itu memungkinkan jantung buatan sudah dihasil dan dipasang pada 5,000 tahun lalu.
Bersambung ke bagian 3 ...


Salam Open Mind
ARIF RH -- Keturunan Adam dan Hawa


MISTERI PERADABAN ; MANUSIA TERDAHULU TERNYATA JAUH LEBIH CANGGIH – Bagian 3


Lanjutan beberapa fakta arkeologis kecanggihan manusia jaman dulu hasil gooling di dunia maya yang saya copas pada bagian sebelumnya :
  • Robot
    Pada zaman pemerintahan Kaisar Mu (976 hingga 922 SM) di China, pencipta berbakat, Ma Daifeng menghasilkan aplikasi robotik yang dibina tetapi berasaskan mekanisme mekanikal. Robot yang dibina dapat bernyanyi dan menari seperti manusia, membawa peralatan kepada tuannya selain mempunyai organ tubuh seperti tulang, otot, sendi, kulit dan rambut.Turut dicipta Ma Daifeng pada zaman berkenaan adalah alat merekod jarak perjalanan selain aplikasi untuk industri kilang yang mampu bekerja tanpa kawalan manusia.
  • Kendaraan
    Ukiran purba ditemui di sebuah kuil Kerajaan Mesir Purba di Abydos, Mesir menunjukkan gambar kenderaan yang wujud pada zaman ini walaupun ukiran itu dianggarkan dihasilkan lebih 3,000 tahun lalu. Gambar berkenaan yang jelas kelihatan adalah helikopter, kapal selam, bot dan pesawat. Pada 1898, di sebuah makam kuno berusia kira-kira 2,200 tahun di Saqquara, Mesir, replika pesawat yang formatnya mirip dengan pesawat terbang moden ditemui. Catatan : ada informasi katanya yang ini hoax alias palsu. Silahkan teman-teman telusuri untuk yang ini juga yang lainnya.
Luar biasa bukan? Dan satu lagi fakta arkeologis yang sengaja saya pisah dan saya sampaikan di akhir adalah penemuan sebuah reaktor nuklir berusia DUA MILYAR TAHUN! Dan angka dua milyar tahun itu setelah saya cek di dunia maya Itu artinya masa-masa SEBELUM ZAMAN ADAM DAN HAWA! Dua milyar tahun lalu SEBELUM ADAM DAN HAWA ternyata SUDAH ADA MANUSIA yang pengetahuannya sampai ke ilmu fisika quantum yang membahas tentang atom dan partikel! Jadi, keyakinan adam dan hawa sebagai manusia pertama perlu kita tinjau ulang. Bagi yang muslim cek surat ayat yang saya kutip di bagian satu note ini. Oke, kembali ke soal penemuan reaktor nuklir, saya akan copas info yang saya peroleh dari internet tentang reaktor nuklir tersebut di bawah ini.

Pada tahun 1972, ada sebuah perusahaan (Perancis) yang mengimpor biji mineral uranium dari Oklo di Republik Gabon, Afrika untuk diolah. Mereka terkejut dengan penemuannya, karena biji uranium impor tersebut ternyata sudah pernah diolah dan dimanfaatkan sebelumnya serta kandungan uraniumnya dengan limbah reaktor nuklir hampir sama. Penemuan ini berhasil memikat para ilmuwan yang datang ke Oklo untuk suatu penelitian, dari hasil riset menunjukkan adanya sebuah reaktor nuklir berskala besar pada masa prasejarah, dengan kapasitas kurang lebih 500 ton biji uranium di enam wilayah, diduga dapat menghasilkan tenaga sebesar 100 ribu watt. Tambang reaktor nuklir tersebut terpelihara dengan baik, dengan lay-out yang masuk akal, dan telah beroperasi selama 500 ribu tahun lamanya.

Yang membuat orang lebih tercengang lagi ialah bahwa limbah penambangan reaktor nuklir yang dibatasi itu, tidak tersebarluas di dalam areal 40 meter di sekitar pertambangan. Kalau ditinjau dari teknik penataan reaksi nuklir yang ada, maka teknik penataan tambang reaktor itu jauh lebih hebat dari sekarang, yang sangat membuat malu ilmuwan sekarang ialah saat kita sedang pusing dalam menangani masalah limbah nuklir, manusia zaman prasejarah sudah tahu cara memanfaatkan topografi alami untuk menyimpan limbah nuklir!

Tambang uranium di Oklo itu kira-kira dibangun dua milyar tahun yang lalu setelah adanya bukti data geologi dan tidak lama setelah menjadi pertambangan maka dibangunlah sebuah reaktor nuklir ini. Mensikapi hasil riset ini maka para ilmuwan mengakui bahwa inilah sebuah reaktor nuklir kuno, yang telah mengubah buku pelajaran selama ini, serta memberikan pelajaran kepada kita tentang cara menangani limbah nuklir.

Bersambung ke bagian 4 ...


Salam Open Mind
ARIF RH -- Keturunan Adam dan Hawa


MISTERI PERADABAN ; MANUSIA TERDAHULU TERNYATA JAUH LEBIH CANGGIH – Bagian 4


Penemuan reaktor nuklir berusia 2 milyar tahun itu juga membuat ilmuwan mau tak mau harus mempelajari dengan serius kemungkinan eksistensi peradaban prasejarah itu, dengan kata lain bahwa reaktor nuklir ini merupakan produk masa peradaban umat manusia. Seperti diketahui, penguasaan teknologi atom oleh umat manusia baru dilakukan dalam kurun waktu beberapa puluh tahun saja, dengan adanya penemuan ini sekaligus menerangkan bahwa pada dua miliar tahun yang lampau sudah ada sebuah teknologi yang peradabannya melebihi kita sekarang ini, serta mengerti betul akan cara penggunaannya.

Semua temuan arkeologis ini sesuai dengan catatan sejarah yang turun-temurun. Kita bisa mengetahui bahwa manusia juga pernah mengembangkan peradaban tinggi di India pada 5.000 tahun silam, bahkan mengetahui cara menggunakan reaktor nuklir, namun oleh karena memperebutkan kekuasaan dan kekayaan serta menggunakan dengan sewenang-wenang, sehingga mereka mengalami kehancuran.

Singkatnya segala uraian di atas berusaha memberikan informasi bahwa umat manusia pernah sangat maju dalam peradaban. Bahkan jauh sebelum 4000 SM manusia pernah memasuki abad antariksa dan teknologi nuklir. Akan tetapi zaman keemasan tersebut berakhir akibat PERANG NUKLIR YANG DAHSYAT hingga pada masa sesudahnya, manusia sempat kembali ke zaman primitif. Masa primitif ini berakhir dengan munculnya peradaban Sumeria sekitar 4000 SM atau 6000 tahun yang lalu. Nah kisah Adam dan Hawa ini sebenarnya pada peradaban Sumeria ini.

Wow? Mungkin ada di antara anda ada yang gusar mendengar ada tulisan pernah ada perang nuklir sebelum Adam dan Hawa.  Bagi anda yang memegang doktrin tanpa merecheck secara detail antara kitab suci dan sejarah pasti gusar dengan statement saya ini. Tapi itulah kenyataannya. Ini yang diceritakan pak Agung Webe dalam note. Kisah Mahabharata itu bukan sekedar mitos dan cerita pengantar tidur. Kisah itu adalah fakta sejarah tentang PERANG NUKLIR yang dikemas dengan banyak metafora. Tentang kisah mahabharata dan perang nuklir ini saya akan copas lagi di sini tulisan-tulisan yang saya dapatkan dari hasil googling.

Dalam suatu cuplikan cerita dalam Epos Mahabarata dikisahkan bahwa Arjuna dengan gagah berani duduk dalam Weimana (sebuah benda mirip pesawat terbang) dan mendarat di tengah air, lalu meluncurkan Gendewa, semacam senjata yang mirip rudal atau roket yang dapat menimbulkan sekaligus melepaskan nyala api yang gencar di atas wilayah musuh, lalu dalam sekejap bumi bergetar hebat, asap tebal membumbung tinggi diatas cakrawala,dalam detik itu juga akibat kekuatan ledakan yang ditimbulkan dengan segera menghancurkan dan menghanguskan semua apa saja yang ada disitu.

Sebenarnya senjata semacam apakah yang dilepaskan Arjuna dengan Weimana-nya itu? Dari hasil riset dan penelitian yang dilakukan ditepian sungai Gangga di India, para arkeolog menemukan banyak sekali sisa-sisa puing-puing yang telah menjadi batu hangus di atas hulu sungai. Batu yang besar-besar pada reruntuhan ini dilekatkan jadi satu, permukaannya menonjol dan cekung tidak merata. Jika ingin melebur bebatuan tersebut, dibutuhkan suhu paling rendah 1.800 C. Bara api yang biasa tidak mampu mencapai suhu seperti ini, hanya pada ledakan nuklir baru bisa mencapai suhu yang demikian.

Di dalam hutan primitif di pedalaman India, orang-orang juga menemukan lebih banyak reruntuhan batu hangus. Tembok kota yang runtuh dikristalisasi, licin seperti kaca, lapisan luar perabot rumah tangga yang terbuat dari batuan di dalam bangunan juga telah dikacalisasi. Selain di India, Babilon kuno, gurun sahara, dan guru Gobi di Mongolia juga telah ditemukan reruntuhan perang nuklir prasejarah. Batu kaca pada reruntuhan semuanya sama persis dengan batu kaca pada kawasan percobaan nuklir saat ini.

Bersambung ke bagian 5 ...


Salam Open Mind
ARIF RH -- Keturunan Adam dan Hawa


MISTERI PERADABAN ; MANUSIA TERDAHULU TERNYATA JAUH LEBIH CANGGIH – Bagian 5 (Tamat)


Ini masih lanjutan copas dari hasil googling yang saya lakukan. Dari berbagai sumber secara umum dapat digambarkan berbagai macam teori dan penelitian mengenai hal ini memberikan beberapa bahan kajian yang menarik. Beberapa poin pentingnya antara lain :
  • Atlantis dan Dinasti Rama pernah mengalami masa keemasan (Golden Age) pada saat yang bersamaan.
  • Keduanya sudah menguasai teknologi nuklir.
  • Keduanya memiliki teknologi dirgantara dan aeronautika yang canggih hingga memiliki pesawat berkemampuan dan berbentuk seperti UFO (berdasarkan beberapa catatan) yang disebut Vimana (Rama) dan Valakri (Atlantis).
  • Penduduk Atlantis memiliki sifat agresif dan dipimpin oleh para pendeta (enlighten priests), sesuai naskah Plato.
  •  Dinasti Rama memiliki tujuh kota besar (Seven Rishi's City) dengan ibukota Ayodhya dimana salah satu kota yang berhasil ditemukan adalah Mohenjo-Daroo.
  • Persaingan dari kedua peradaban tersebut mencapai puncaknya dengan menggunakan senjata nuklir.
  • Para ahli menemukan bahwa pada puing-puing maupun sisa-sisa tengkorak manusia yang ditemukan di Mohenjo-Daroo mengandung residu radio-aktif yang hanya bisa dihasilkan lewat ledakan Thermonuklir skala besar.
  • Dalam sebuah seloka mengenai Mahabharata, diceritakan dengan kiasan sebuah senjata penghancur massal yang akibatnya mirip sekali dengan senjata nuklir masa kini.
  •  Beberapa Seloka dalam kitab Wedha dan Jain secara eksplisit dan lengkap menggambarkan bentuk dari 'wahana terbang' yang disebut 'Vimana' yang ciri-cirinya mirip piring terbang masa kini.
  • Sebagian besar bukti tertulis justru berada di India dalam bentuk naskah sastra, sedangkan bukti fisik justru berada di belahan dunia barat yaitu Piramid di Mesir dan Amerika Selatan.
  • Singkatnya segala penyelidikan diatas berusaha menyatakan bahwa umat manusia pernah maju dalam peradaban Atlantis dan Rama. Bahkan jauh sebelum 4000SM manusia pernah memasuki abad antariksa dan teknologi nuklir. Akan tetapi zaman keemasan tersebut berakhir akibat perang nuklir yang dahsyat hingga pada masa sesudahnya, manusia sempat kembali ke zaman primitif hingga munculnya peradaban Sumeria sekitar 4000 SM atau 6000 tahun yang lalu.
Sampai di sini setidaknya kita bisa belajar. Bahwa kemajuan teknologi di satu sisi sangat membantu manusia namun di sisi lain jika tidak diimbangi dengan kedewasaan dalam mengelola diri kita bisa terjebak ego dan keangkuhan. Pinter yang jadi “keminter” dan “meminteri” manusia yang lain. Manusia yang satu ingin mengungguli manusia yang lain. Dan akibatnya, kita akan mengulangi kembali catatan sejarah kemusnahan massal ras manusia, kisah mahabharata episode kedua. Mungkin ada yang masih berpikir. Cih, Mahabharata kan cuman dongeng? Silahkan direnungkan sendiri dan tentunya kita telusuri kembali data serta faktanya.

Memang harapan saya setelah anda membaca note ini langsung melakukan check dan recheck, bukan anda langsung percaya begitu saja. Kata Bung Karno, "Jangan Lupakan Sejarah". Karena sejarah tidak pernah berbohong. Bukti-bukti arkeologis tidak pernah berbohong. Fosil “berkata” apa adanya. Manusia lah yang kadang berbohong menutupi fakta sejarah demi kepentingannya. Manusia lah yang kadang enggan menerima kebenaran dan fakta. Kebenaran dan fakta selalu menyampaikan apa adanya. Dan tentunya, hanya Tuhan yang Maha Tahu tentang fakta, kenyataan dan kebenaran yang sesungguhnya. Sampai jumpa dalam note selanjutnya.

Tamat


Salam Open Mind
ARIF RH -- Keturunan Adam dan Hawa

2 komentar:

  1. semakin aku percaya kitab suci alquran (terakhir) dan kitab2 suci sebelumnya, memang umat terdahulu lebih hebat, namun karena tidak taat maka binasa, kecuali yang ingat.

    semoga kemajuan teknologi yang kita capai tidak melenakan kita..

    BalasHapus
  2. Saya lebih percya klo adam sebagai manusia pertma krn udh d jlaskn dlm alquran, klo pun ada peradaban canggih sblm adam trun k bumi, tu makhluq selain manusia yg akhirnya di binasakan lalu digantikan manusia pertama(Adam)

    BalasHapus