SMILE...^_^

Sabtu, 12 Maret 2011

Sedekah Menolak Datangnya Bencana


Masih hangat berita kali ini, mengenai bencana Alam yang melanda Jepang. Gempa bumi dan tsunami. Sebelum nya , Indonesia juga mengalami hal serupa. Aceh pada tahun 2004, Jogja Tahun 2006, Gunung Meletus 2010, Lumpur Lapindo dan sebagainya. Apa sebenarnya yang ada di dalam benak anda. ketika Allah sudah menunjukkan kuasaNya. Kita semua tak kan mampu menghalangi kehendakNya.

Dari Sayyid Ali Ar-Ridho, dari kakeknya Sayyid Ja’far Ash-Shodiq, dari kakeknya Sayyid Ali Zainal Abidin, dari kakeknya Ali bin Abi Thalib, dari Rasulullah Saw, bersabda: ”Sedekah melalui tangan itu dapat menghindarikan diri dari kematian yang tidak baik, menjaga diri dari tujuh puluh macam bencana.” Sebuah pesan penting didapat dari hadits ini, bahwa tidak ada peristiwa kebetulan, karena segala sesuatu pasti memliki sebab akibat, dan perilaku yang baik akan menghasilkan buah perilaku yang baik pula.


“Cepat-cepatlah dengan bersedekah maka, sesungguhnya bencana itu tidak dapat melampaui sedekah”

Berkata Ibnul Qayyim Ra : Shodaqoh mempunyai pengaruh yang mengagumkan di dalam menolak bermacam-macam bencana walaupun shodaqoh itu dilakukan oleh orang yang fajir atau dzalim bahkan orang kafir dan ini adalah perkara yang sudah ma’lum di sisi manusia dan penduduk bumi menetapkan yang demikian itu.


“Sedekah dapat menolak 70 macam bencana, dan yg paling ringan (diantara bencana itu) adalah penyakit kusta dan lepra (HR. Thabrani dalam Mu’jamul Kabir)

Angka 70 itu bukan pembatasan, tetapi menunjukkan sesuatu yang banyak, tidak disebutkan satu-persatu, baik bencana alam maupun bencana kemanusiaan.

Allahu A’lam bissawab


Tidak ada komentar:

Posting Komentar