SMILE...^_^

Selasa, 15 Maret 2011

Perbaiki Kekuatan Sel Tubuh




Jurnal Bogor, 12  August 2010
Rubrik: Kesehatan


Ass. Wr. Wb Pak Ferry. Saya tahu, puasa memang menjadi satu bagian dari ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam dalam menegakkan agama. Selain mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat, tujuan berpuasa juga agar mendapatkan hikmah kesehatan. Kalau boleh tahu, apa saja manfaat kesehatan bila kita berpuasa? Terima kasih.Anna | Bogor
Jawaban:
Wass. Wr. Wb Saudari Anna yang dicintai Allah SWT. Berikut akan saya jelaskan apa saja manfaat yang bisa dicapai bila menjalani shaum selama 30 hari:

1. Puasa memperkecil sirkulasi darah sebagai keseimbangan untuk mencegah keluarnya keringat dan uap melalui pori-pori kulit serta saluran kencing tanpa perlu menggantinya. Curah jantung dalam mendistribusikan darah ke seluruh pembuluh darah akan membuat sirkulasi darah menurun. Dan ini memberi kesempatan otot jantung untuk beristirahat, setelah bekerja keras selama satu tahun. Berpuasa akan memberi kesempatan pada jantung untuk memperbaiki vitalitas dan kekuatan sel-selnya.

2. Puasa memberi kesempatan kepada alat-alat pencernaan seperti lambung dan usus untuk beristirahat setelah bekerja keras sepanjang tahun, sekaligus memberi kesempatan untuk menyembuhkan infeksi dan luka yang ada agar dapat menutup rapat. Proses penyerapan makanan juga berhenti, sehingga asam amoniak, glukosa, dan garam tidak masuk ke usus. Dengan demikian, sel-sel usus tidak mampu lagi membuat komposisi glikogen, protein, dan kolesterol.

Namun dampak kesehatan tersebut, bisa dirasakan Saudari Anna dengan optimal bila memperhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Makan Waktu Sahur
Dengan bersahur tubuh akan dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup. Sebaiknya pilih menu makanan berserat dan protein tinggi dan hindari makanan asin supaya menghindari cepat haus dan makanan manis yang akan membuat cepat lapar.

2. Jangan Tunda Berbuka
Saat berbuka makanlah karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis untuk memulihkan energi kembali setelah seharian menahan lapar dan haus membuat energi terkuras. Usahakan menghindari minum dingin seperti es atau bersoda, karena jenis minuman ini dapat membuat pencernaan tak berfungsi secara normal.

3. Makanlah Secara Bertahap
Setelah seharian perut tidak terisi dan organ pencernaan beristirahat, sebaiknya jangan langsung menyantap hidangan dalam jumlah besar.

4. Konsumsi Cukup Air
Perbanyak minum air untuk simpanan dalam tubuh supaya semua organ berfungsi dengan baik. Aturlah agar Anda minum delapan gelas air atau dua liter sebelum menjalani puasa esok hari.

= M Ferry Wong
www.naturaltherapycenter.us



Tidak ada komentar:

Posting Komentar