SMILE...^_^

Sabtu, 12 Maret 2011

BENARKAH MEREKA BUKAN PEJUANG (perempuan2 luar biasa)



Jam dua pagi sudah lewat seperempat jam. Nge-BEAT di tengah kota semarang membawaku ke sebuah warung nasi kucing karena perut sudah dari tadi berteriak menuntut haknya. Segelas kopi susu di tambah es sedikit saya pesan dari warung yangsaya tau sejak saya di semarang sudah ada. Tidak banyak yang berubah kecuali tempatnya yang sekarang berpindah di trotoar jalan besar siliwangi di dekat pasar karang ayu. Warung yang selalu ramai oleh mereka yang mengais rizki di pagi hari di pasar karang ayu.



Sambil menikmati kopi susu saya duduk di bangku kosong agak jauh dari warung itu, tba2 mata saya tertumbuk pada seorang ibu tua dengan caping (topi yang biasa dipakai petani) duduk di depan warung itu persis dipinggir jalan raya dengan khusyuk mengatur sayuran yang dijualnya. Sayapun langsung mengeluarkan HP jadul saya dan memotretnya dari belakang. Banyak yang berkecamuk dipikiran saya saat itu yang mendorong saya berdiri dan meminta ijin mengambil gambarnya dari dekat. Ibu itu hanya tersenyum menganguk dan kembali khusuk dengan pekerjaannya.



Belum selesai dengan keasyikan saya memikirkan ibu tua itu tiba2 saya melihat juga seorang ibu tua dengan sekeranjang penuh pissang dipunggungnya. Saya benar2 terbengong dengan pemandangan itu. Buru2 saya mengeluarkan HP saya dan memotretnya walaupun beliau sudah berjalan agak jauh. Saya tidak melepaskan pandangan saya sampai si ibu dengan sekeranjang penuh pisang itu hilang dikegelapan jalan. Kembali otak ini berkecamuk dan sekarang lebih parah. Apa yang saya pikirkan sudah mulai turun ke dalam dada dan saya mulai merasa perih di sana.



Belum selesai apa yang saya pikir dan rasakan tiba2 sebuah truk berhenti di depan saya dengan muatan penuh. dan yang menakjubkan "Subhanallah" diatas truk ibu2 duduk diatas di pinggir bak dengan hanya berpegang pinggiran truk. Seorang ibu yang kebetulan duduk diatas kepala truk saya lihat masih terkantuk kantuk. Setelah menurunkan beberapa sayuran truk itupun melaju yang saya tau pasti ke pasarutama kota semarang..pasar johar.



Hati saya yang tadi perih sekarang benar2 sakit..sakit sekali. Saya tidak tau mengapa. hanya pikiran ini kembali teringat dengan saudara2 saya anak2 kecil dan ibu2 yang sedang berjuang di belahan bumi ALLAH yang lain menghindar dari sebuah penindasan. Sekarang mereka benar2 menjadi perhatian dunia dan sahabat2 saya baik di keseharian maupun di FB ini. Hampir tiada hari tanpa membicarakan bagaimana perjuangan mereka dan kecaman terhadap kekejaman itu datang silih berganti sebagai bentuk kepedulian terhadap nasib mereka.

Otak ini kembali berpikir tentang ibu tua di depan saya yang seharusnya di pagi buta bisa beristirahat untuk tubuhnya yang sudah tua, juga ibu yang menggendong sekeranjang pisang dengan wajah polos penuh kepasrahan. Perempuan2 diatas truk yang menantang maut hanya dengan berpegang di pinggir truk sambil menahan kantuk. Untuk apa mereka melakukan semua itu. Bukankan mereka juga sedang berjuang untuk hidup?. Bahkan saya yakin tidak hanya untuk mereka sendiri tetapi juga untuk anak2 bahkan mungkin orang tua mereka.



KALAU SAUDARA2 PEJUANG PEREMPUAN SAYA YANG DI BELAHAN BUMI ALLAH LAIN SANA MENDAPAT PERHATIAN BEGITU BESAR DARI SAUDARA2 SAYA DI SINI..LALU MENGAPA SAUDARA2 PEJUANG SAYA DI SINI JUSTRU TIDAK MENDAPAT PERHATIAN YANG BEGITU BESAR?.



BENARKAH IBU2 INI BUKAN PEJUANG2? BUKAN SAUDARA2 KITA? BUKAN YANG TERMASUK DALAM HITUNGAN ORANG YANG LAYAK MENDAPAT PERHATIAN KITA KARENA TIDAK ADA YANG MENGEKSPOSNYA DI LAYAR2 TELEVESI ATAU KORAN2?



ATAU JANGAN2 KITA YANG MEMATOK DIRI KITA SENDIRI DENGAN MENGATAKAN TIDAK TERMASUK MENJADI PEJUANG JIKA TIDAK TEREKSPOSE KEPEDULIAN KITA BERSAMA MEREKA2 YANG TEREKSPOSE DALAM MEDIA APAPUN ITU BENTUKNYA TERMASUK FB INI?.




Terlalu banyak pertanyaan di kepala ini, dan lagi2 keempat jari saya menunjuk diri saya sendiri "mengapa kamu pakai kata 'KITA'?, memang apa yang sudah kamu lakukan sehingga kamu merasa pantas melibatkan orang lain dalam urusan dikepalamu sendiri.

HATI INI MULAI MENAMPAR OTAK SAYA..TERUS..DAN TERUS SAMPAI SAYA MENULIS CATATAN INI.

dedicate to : ibu2 luarbiasa (by hannest)


copas dr:
http://www.facebook.com/notes/demsycoupers-bours/benarkah-mereka-bukan-pejuang-perempuan2-luar-biasa/405176282856

Tidak ada komentar:

Posting Komentar