SMILE...^_^

Selasa, 08 Maret 2011

Bekerja Sepenuh Hati [" S E M A N G A T "]




Suatu ketika pemilik Mercedez Benz (Mercedez Benz owner) memiliki masalah dengan keran air di kamar mandi dalam rumahnya. Keran tersebut selalu bocor sampai Mercedez owner itu khawatir akan keselamatan anaknya yang mungkin saja dapat terpeleset dan jatuh.

Mengikuti rekomendasi temannya, Mr. Benz menghubungi tukang ledeng agar memperbaiki keran air miliknya. Akhirnya dibuat perjanjian untuk memperbaiki yaitu 2 hari kemudian, karena si tukang ledeng cukup sibuk.
Sama sekali si tukang ledeng tidak mengetahui bahwa si penelpon adalah  termasuk orang penting, pemilik perusahaan mobil terbesar di Jerman.

Setelah ditelpon, satu hari kemudian si tukang ledeng menghubungi Mr. Benz untuk menyampaikan ucapan terima kasih karena telah bersedia menunggu hingga satu hari lagi.
Mr. Benz pun kagum atas pelayanan si tukang ledeng dan cara berbicaranya.

Hari berikutnya pada hari yang telah ditentukan, si tukang ledeng datang untuk memperbaiki kran yang bocor di rumah Mr. Benz. Setelah diutak-atik, akhirnya keran pun selesai diperbaiki dan setelah menerima pembayaran atas jasanya, si tukang ledeng pulang.

Sekitar 2 minggu kemudian setelah hari itu, si tukang ledeng menelpon Mr. Benz untuk menanyakan apakah keran yang telah diperbaiki sudah benar-benar beres dan tidak ada masalah yang timbul. Ternyata Mr. Benz puas akan kerja si tukang ledeng dan mengucapkan terima kasih atas pelayanan si tukang ledeng.
Mr. Benz berpikir, bahwa orang ini pasti orang yang hebat walaupun hanya tukang ledeng.

Beberapa bulan kemudian Mr. Benz merekrut si tukang ledeng untuk bekerja di perusahaannya.
Tahukah Anda siapa namanya?
Ya, dialah Christopher LJr.
Saat ini jabatannya adalah General Manager Customer Satisfaction and Public Relation diMercedez Benz!

] Hidup adalah awal dari mimpisemua hal dapat terjadi.
Dimana ada kemauan pasti ada jalan.
Oleh karena itukembangkanlah sayapmu dan terbang tinggi[
E. Giatra Rustam ~

~:~:~:~
Tahukah Anda apa makna dari cerita di atas?
Cerita di atas memberikan motivasi kepada kita untuk memberikan yang terbaik di kehidupan ini apapun posisi kita saat ini. Kita tidak tahu, sebenarnya posisi kehidupan kita dimana, namun dengan memberikan yang terbaik, kita tidak akan menoleh kebelakang melihat goresan cerita kehidupan kita dengan kekecewaan. Yang ada hanyalah senyum kepuasan akan apa yang telah kita lakukan.

Kehidupan ini hanyalah panggung sandiwaramaka sebaik-baik pemain adalah yang bermain sebaik mungkin dengan kesadaran bahwa perannya hanya sementara.
Ada naskah dan skenario Sang Pencipta, ALLAH Subhaanahu wa Ta’ala yang tidak kita tahu.

Dibalik kebahagiaan, terkadang skenario selanjutnya adalah kesedihan, begitu pula terkadang dibalik kesedihan, skenario selanjutnya adalah kebahagiaan.
Hanya 2 hal yang dapat kita lakukan, yaitu meyakini bahwa skenario yang ALLAH berikan adalah yang terbaik dan berbuat yang terbaik dalam melalui setiap peristiwa kehidupan kita.
Maka, jika Anda dalam kesedihankegalauan hatikeresahan jiwaingatlah bahwa itu hanya sementara.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berpesan:
"Beramallah kamu sesuai dengan kemampuanmuSesungguhnya ALLAH tidak pernah bosan (memberi pahalasehingga kamu sendiri bosan beramal." (HR. Muslim)

~:~:~:~

"Sesungguhnya ALLAH tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiriDan apabila ALLAH menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknyadan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain DIA." (QS. Ar Ra'd [13]: 11)

Secara ringkas, motivasi adalah semangat pendorong untuk melakukan sesuatu. Berikut ini adalah beberapa tips motivasi yang semoga bermanfaat.

1. Selalu bersyukur akan apa yang kita dapatkan.
Mungkin hal ini adalah sederhana, namun sangat memotivasi diri kita saat kita terpukul atau terjatuh dengan target-target yang dinanti-nanti dan diharapkan untuk terjadi, tapi faktanya meleset.
Pengungkapan syukur melalui 3 cara.
≠¶ Dengan hati; Lihatlah sekeliling kita yang ada dibawah kita. Yakin hal ini akan membuat hati kita lembut dan mensyukuri akan nikmat-nikmat yang oleh sebagian orang tidak dapat menikmatinya.
≠¶ Dengan lisan; dengan mengucapkan Alhamdulillah. Nikmat yang kita rasakan tidak akan kita peroleh tanpa seijin dari Pemilik tubuh kita, Pemilik jasad kita, juga Pemilik ruh kita. Terus, kita ini siapa? Kita adalah makhluk (hamba-NYA) yang diberi pinjaman untuk dapat berkarya, dan membagikan kebahagiaan kepada orang lain.
≠¶ Dengan perbuatan; Syukur dengan membagikan kebahagiaan kepada orang lain. Rasakanlah kebahagiaan yang timbul saat kita dapat melihat kebahagiaan yang muncul melalui tangan kita. Ada rasa menyeruak dalam dada merasakan bahagia meski buliran air mata mengalir tidak terasa. Jika kita pernah merasakannya, ulangi ulangi dan ulangi. 

2. Lakukan apa yang kita minati.
Hal ini akan memotivasi kita untuk melakukannya. Karena dengannya kita merasa enjoy, dan dengannya tak kan ada rasa bosan dan letih. Banyak dari saudara kita yang mereka bekerja karena tuntutan, bukan karena mereka menyukainya. Dari hasilnya kita akan tahu mana yang bekerja karena menyukainya, atau bekerja karena tuntutan. Orang bekerja dengan diikuti rasa senang, akan menambahkan detil-detil secara sukarela.

3. Jika tidak seperti yang kita inginkan.
Yakinkan pada diri sendiri, jika posisi ini adalah step awal menuju yang kita inginkan. Tentunya ada hikmahnya. Apapun keadaanannya. Tetap lakukan yang terbaik yang kita bisa, karena itu memperlihatkan kualitas kita.

4. Cermati, perhitungkan, dan tangkap peluang yang ada.
Setiap kita memiliki peluang-peluang menuju sukses. Namun hanya sedikit orang yang mampu memanfaatkan peluang itu. Terkadang kita melihat ada peluang, namun memiliki keterbatasan, misal keterbatasan modal, keterbatasan keahlian dan lain-lain. Itulah gunanya bermasyarakat, adanya berinteraksi, bersosialisasi, dan bertolong-menolong. Dengan bekerja sama tentu akan  menghasilkan yang positif sesuai target dan keinginan bersama. Asah terus kemampuan untuk melihat peluang.

5. Berkumpul dengan orang yang bermotivasi.

Prinsip ini sama dengan istilah penjual minyak wangi akan berbau wangi dengan sendirinya.

6. Selalu mendekatkan diri kepada ALLAH.
Adakalanya dalam berusaha mengalami pasang surut. Hambatan dan rintangan dalam melangkah. Pastikan pada diri sendiri bahwa semua itu ada hikmahnya. Mungkin saja itu adalah cara ALLAH untuk mendidik kita. Kita tidak akan dididik seperti di bangku sekolah, tapi kita dididik melalui peristiwa-peristiwa. Kita akan mendapatkan pelajaran dari universitas yang skalanya lebih besar, yaituuniversitas kehidupan.

Semoga kita termasuk orang-orang yang dapat memberi manfaat kepada orang lain.
Semoga ALLAH mengijinkan dan meridhainya.
Aamiin, insya ALLAH. 

Tidaklah sesuatu berubah jika tidak mulai bertindak.
Dan kapankah waktu yang paling sesuai untuk memulainya jika bukan saat ini??!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar