SMILE...^_^

Senin, 07 Maret 2011

POHON CINTANYA


Bismillaahirrohmaanirrohiim
"Jika seorang muslim menanam pohon, kemudian pohon itu dimanfaatkan oleh manusia, burung atau hewan lain, maka dia telah dianggap bersedekah" (HR Bukhari)


Maha Suci Allah...
Alhamdulillaah beberapa hari ini ALLOH mengizinkan diriku menikmati perjalanan di bumi cinta_Nya. Gunung Patuha Bandung Selatan (20/12/'10), Batu Raden Purwokerto, Berbagi cinta di Banyumas dan Gunung Galunggung Tasikmalaya(24-26/12/'10). Aku menikmati rihlahku (adventures). Salah satu yang aku ingat adalah.............aku menikmati HUTAN, aku menangis jika teringat betapa banyak cinta_Nya melaui pohon. POHON CINTANYA.

Sebatang pohon yang kita lihat seolah diam tak bergerak, ketika ada tenaga yang menggoyang batang dan daunnya. Ia tak akan melawan ketika manusia menyakitinya bahkan dengan garang menebangnya. Pohon seperti makhluk yang tak patut dikasihani dan tak punya daya apapun. Tumbuhan secara umum memberikan banyak manfaat kepada semua penghuni bumi ini. Ilmu tumbuhanlah yang  pertamakali diajarkan ALLOH kepada Nabi Adam 'Alaihi Salam di surga. Walloohu a'lam.

Secara disiplin pohon memekarkan bunga dan memunculkan buahnya, sebagai salah satu bukti cinta_NYA buat diriku.....dirimu.....dan semua makhluk_NYA. Lewat akarnya, pohon bisa menahan air & tanah serta mampu melindunginya dari kekeringan dan longsor.

"......melalui hujan, ALLOH menghasilkan buah-buahan sebagai rezeki untukmu..." (QS Al Baqoroh 2: 22)

Pohon tak pernah ingkar dan khianat dalam tugasnya, setiap saat pohon tak berhenti mengeluarkan oksigen yang manusia butuhkan dalam kehidupan ini. Dengan tak kenal lelah, pohon menghisap udara kotor, karbon dioksida lalu mengubahnya hingga udara menjadi bersih dan sejuk. Alloohu Akbar..!! Maka nikmat Alloh yang mana yang bisa kita ingkari...!! Darimana semua kenikmatan ini kalau bukan dari.............................DIA.

Saat pohon disakiti, ia tetap memberikan cintanya. manusia membuang kotorannya dibalik pohon, ia tetap memberikan kesejukan & menetralisir bau lewat kelembaban tanah & bunga yang wangi.  Manusia melemparnya dengan batu, pohon membalasnya dengan bunga dan buah. Manusia melukai & mencongkel batangnya, pohon membalasnya dengan getah dan buahnya yang lebat. Itulah......pohon.

Pohon mengajari cinta tak terbatas padaku....padamu.....pada semua makhluk_NYA. Cinta tumbuh dalam suka maupun duka. Ia memiliki kekuatan memberi yang tak pernah pudar. Bahkan padasaat yang menyakitkan menimpa pohon, ia sanggup memberi cinta terbaiknya. Subhanallooh.....
Lewat daunnya yang lebat, pohon setiap hari memberikan kelembaban pada udara dan ikut andil dalam proses turunnya hujan. Pada saat-saat tertentu, daun-daun yang sudah tua dengan ikhlas menggugurkan dirinya dari pohon. Daun itu tak perlu bersedih, karena ALLOH Maha Tahu pengorbanan setiap helai daun.

"............DIA mengetahui apa yang di daratan & di lautan, dan tiada sehelai daun yang gugur, pasti ALLOH mengetahui_NYA......"
(QS Al An'am :59)

Ketika pohon MATI, cintanya ternyata tak berhenti, karena lewat angin, air, serangga & hewan lainnya, pohonmenitipkan bijinya untuk disebarkan di seluruh bumi cinta_NYA.
Biji yang ia titipkan pada angin, alan bersemi diseluruh penjuru mata angin. Biji yang ia titipkan pada air, akan menyeruak tumbuh ditempat yang tak mungkin kita bayangkan sebelumnya. Biji yang dititipkan padaserangga dan hewan, dibawa dengan setia lalu ditimpatkan pada tanah yang terbaik yang memungkinkan biji itu tumbuh. Biji-biji itu akan tumbuh meneruskan cinta pohon sebelumnya. Allaahu Akbar.....!!

This is the love of trees

Pohon....
Bisakah kita belajar dari cintamu yang tak pernah mati...? Lalu tetap meneruskan cinta kamimeskipun kelak kamipun menemui KEMATIAN. True love is never ending. Cinta sejati itu tak pernah mati.

Menanam satu pohon ibarat membangun satu istana. Menghancurkan satu pohon ibarat menghancurkan satu istana. Menanam banyak pohon berarti menyelamatkan dunia...!! ^_^

******************************
(1) Note di atas terinspirasi dari note Bapak Achmad Siddik Thoha, pendiri grup POHON INSPIRASI & Komunitas PI. Http://www.facebook.com/pages/Komunitas-Pohon-Inspirasi/178408565518830
Lewat team Pohon Inspirasi, aku semakin memahami Pohon Cinta_NYA.
(2) Terimakasihku kepada team AMANAH yang mau berlelah-lelah mendamingi egoku di Kawah Putih Gunung Patuha. Ana uhibbukum fillaah...
(3) Sahabat-sahabatku di Taiko Okinawa, yang menemani perjalanan 3 hariku dan menemani hatiku menelusuri Gunung Galunggung. Thanks atas cintanya,....I love you all and I will miss you....


copas dr note-nya my lovely mbae Cinta Rakhmati

1 komentar:

  1. Subhanallah tersentuh banget kata-katanya..
    Sunggu suatu pemikiran yang bermanfaat dan berguna..
    I like it.

    BalasHapus