SMILE...^_^

Kamis, 04 Agustus 2011

Waspada dengan Rahasia


Hati hati posting status di FACEBOOK, segala urusan akan jadi diketahui, resikonya akan ada bahkan banyak orang yg iri dan dengki karena sesungguhnya banyak orang yang iri dengki

Rahasiakan urusan kenikmatan dan atau pribadi
Laksanakan urusan-urusanmu dengan dirahasiakan. Sesungguhnya banyak orang menaruh dengki kepada orang yang memperoleh kenikmatan.
(HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)

Menguping Rahasia Orang
Tidak akan masuk surga orang yang suka mencuri berita (suka mendengar-dengar berita rahasia orang lain).
(HR. Bukhari)

Berbisik di depan orang
Apabila berkumpul tiga orang janganlah yang dua orang berbisik-bisik (bicara rahasia) dan meninggalkan orang yang ketiga (karena hal tersebut akan menimbulkan kesedihan dan perasaan tidak enak baginya).
HR. Bukhari)

Membongkar Rahasia Aib sendiri
Semua (dosa) umatku akan diampuni kecuali orang yang berbuat (dosa) terang-terangan, yaitu yang melakukan perbuatan dosa pada malam hari lalu Allah menutup-nutupinya

kemudian pada esok harinya dia bercerita kepada kawannya, "Tadi malam aku berbuat begini...begini..." Lalu dia membongkar rahasia yang telah ditutup-tutupi Allah 'Azza wajalla.
(Mutafaq'alaih)

Harus ada hal yg dirahasiakan
Ada tiga hal yang termasuk pusaka kebajikan, yaitu merahasiakan keluhan, merahasiakan musibah dan merahasiakan sodaqoh (yang kita keluarkan). (HR. Ath-Thabrani)

Ket:
Keluhan/musibah boleh dibuka rahasianya pada Tabib atau dokter psikolog yg bisa simpan rahasia
sodaqoh boleh terang-terangan dengan niat ditiru orang (jgn ada niat disebut dermawan)
sodaqoh (sunnah) harus 2 jenis, yg rahasia dan yang terang2an, utamakan yang dirahasiakan
sodaqoh wajib (zakat): harus terang2an, agar jelas catatan keuangan amil zakatnya

Keostimewaan Orang yang bisa simpan rahasia:
Orang yang diajak bermusyawarah (dimintai pendapat) adalah orang yang bisa memegang amanat (jujur, ikhlas dan dapat menyimpan rahasia). (HR. Ath-Thabrani)

Rahasiakan kegiatan pribadi pasangan
Seburuk-buruk kedudukan seseorang di sisi Allah pada hari kiamat ialah orang yang menggauli isterinya dan isterinya menggaulinya dengan cara terbuka lalu suaminya mengungkapkan rahasia isterinya kepada orang lain. (HR. Muslim)

Rahasiakan kekurangan tetangga
Hak tetangga ialah bila dia sakit kamu kunjungi dan bila wafat kamu menghantar jenazahnya. Bila dia membutuhkan uang kamu pinjami dan bila dia mengalami kemiskinan (kesukaran) kamu tutup-tutupi (rahasiakan).

Bila dia memperoleh kebaikan kamu mengucapkan selamat kepadanya dan bila dia mengalami musibah kamu datangi untuk menyampaikan rasa duka. Janganlah meninggikan bangunan rumahmu melebihi bangunan rumahnya yang dapat menutup kelancaran angin baginya dan jangan kamu mengganggunya dengan bau periuk masakan kecuali kamu menciduk sebagian untuk diberikan kepadanya. (HR. Ath-Thabrani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar