SMILE...^_^

Kamis, 04 Agustus 2011

Inilah Bulan Aslinya Diri Kita



Senin, 1 Agustus 2011, kita mengawali puasa Ramadhan. Ini adalah bulan istimewa dimana pahala dilimpahruahkan, setan-setan dibelenggu. Baunya mulut orang yang berpuasa itu harum disisi Allah. Tidurnyapun bernilai ibadah. Bahkan, di bulan ini pula terdapat satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan.
Jika setan-setan dibelenggu di bulan ini, maka sungguh terlalu bila di bulan ini kita masih berbuat maksiat. Bukankah si penggoda tak menjalankan tugasnya?
Bulan ini adalah bulan aslinya diri kita, setan tidak berperan di bulan ini. Bila kita malas di bulan ini, berarti memang aslinya kita malas. Bila kita menjelek-jelekkan orang di bulan ini, itu pertanda aslinya kita memang raja/ratu gosip. Bila di bulan ini kita enggan bersedekah, itu juga pertanda bahwa aslinya kita orang yang kikir. Apalagi kalau di bulan ini kita menggoda atau mengajak orang bermaksiat, itu pertanda di bulan-bulan biasa kita adalah sekutunya setan.
Bagaimana agar Anda terarah dan tidak bingung menjalani bulan Ramadhan ini? Tetapkan target kebaikan yang akan Anda lakukan di bulan ini. Selain puasa dan sholat tarawih yang seharusnya memang kita lakukan di bulan ini, tambahkan aktivitas lain yang Anda ditargetkan. Saya, misalnya, menargetkan 3 hal di bulan ini: (1) khatam Al Qur’an dan paham maknanya, (2) dapat Lailatul Qadr, dan (3) menulis satu buku baru.
Target yang Anda buat sebaiknya spesifik. Jangan membuat target yang terlalu umum, seperti: “Ramadhan tahun ini saya harus lebih baik dibandingkan Ramadhan tahun lalu.” Target yang terlalu umum seperti itu tidak ada indikator gagal-berhasilnya dan kurang memiliki daya dorong. Ayo apa target spesifik Anda Ramadhan ini?
Target yang spesifik menjadikan dorongan untuk merealisasikannya semakin kuat sehingga kebaikan-kebaikan yang kita lakukan semakin terarah dan berlimpah. Bila kita terbiasa melakukan kebaikan di bulan ini, saya berharap di bulan-bulan lain kita mampu menaklukan setan. Mengapa? Karena memang aslinya kita adalah sibuk dengan kebaikan dan bermusuhan dengan setan.
Selamat melaksanakan ibadah puasa.
 Follow pak Jamil  di twitter: @jamilazzaini
Salam SuksesMulia!
http://www.jamilazzaini.com/inilah-bulan-aslinya-diri-kita/#comment-2036

Tidak ada komentar:

Posting Komentar