SMILE...^_^

Selasa, 18 Januari 2011

Bawang Merah

Dulu nenek kita biasa memakai Bawang Merah sebagai benda pengerok masuk angin bagi anak kecil. Namun bawang merah, selain dipakai sebagai bumbu masakan penyedap rasa nonMSG, bisa juga dipakai untuk obat.

Bawang Merah mengandung kalsium, fosfor, zat besi, karbohidrat, vitamin A dan C. Mari simak manfaat bawang merah sebagai obat.

1.  Diabetes Mellitus

Kandungan Tolbutamide  mampu menurunkan kadar gula darah, mempengaruhi metabolisme gula dalam hati, mengatur pelepasan insulin dan mencegah perusakan oleh insulin.

Semakin banyak bawang merah yang dikonsumsi, semakin besar pula kadar gula darah yang mampu dikurangi. Bawang merah dapat dikonsumsi mentah maupun direbus. Tapi, memang, bau badan jadi lebih "keras" terbaui walau masih pada batas yang masih ditoleransi oleh hidung manusia.

2.  Menyadarkan Orang Pingsan

Bau bawang merah yang tajam dan menusuk dapat merangsang peredaran darah dan fungsi pernafasan dan fungsi saraf. sehingga dapat aik digunakan sebagai pertolongan pertama untuk menyadarkan orang yang pingsan daripada menggunakan amoniak yang baunya sangat menyengat.

3. Obat Cacing dan Wasir

Cara mengobati wasir adalah dengan memanaskan (merebus) bawang merah berukuran sedang sekitar 3 menit dalam 1 liter air, lalu masukkan bawang merah tersebut langsung ke anus.

Untuk mengobati cacingan pada anak-anak, bawang merah diseduh dengan terlebih memotong kecil-kecil. Simpan satu malam dan siang harinya minumkan pada anak penderita cacing dengan dicampurkan madu. Ulangi proses tersebut tiap hari, pagi hari, sampai seluruh cacing benar-benar keluar semuanya.

4.  Mencegah Penggumpalan Darah

Mencegah penggumpalan darah, biasanya mengkonsumsi bawang merah mentah rutin setiap hari. Mengenai banyaknya, tergantung kesanggupan per individunya.

5. Anti Radang dan Pembunuh Bakteri

Perasan air bawang merah dapat digunakan sebagai antibiotik yang berfungsi mencegah radang dan membunuh bakteri pada luka. Balurkan air bawang merah tersebut langsung pada luka yang telah dibersihkan. Parutan Bawang merah yang dioleskan pada luka juga berfungsi mengeluarkan nanah dan darah kotor.

6.  Pengencer Dahak dan Antimikroba

Kompres bagian dada dengan bawang merah yang telah dihaluskan. Ini berguna untuk mengencerkan dahak pada batuk rejan dan mengatasi radang paru.

Juga telah diteliti bahwa kandungan zat berkhasiat Bawang merah dapat membunuh kuman dipteri, amuba disentri dan kuman TBC.

 8.  Mengatasi Sembelit dan Susah Kencing

Kompres bawang merah haluskan pada bagian atas ginjal dan kantong kemih.

9.  Menghilangkan Mata Ikan

Potonglah bawang merah kecil-kecil. Balurkan langsung pada mata ikan, kemudian balutlah dengan perban. Lakukan sore hari dan biarkan hingga esok harinya. Ulangi proses tersebut sampai mata ikan terlepas. Kemudian cucilah dengan air hangat dan sabun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar