SMILE...^_^

Selasa, 22 Februari 2011

Hitung - Hitungan dan Pamrihlah Kepada Allah



"Sedekah koq malah mengharap balasan atau pamrih?"

Kalimat itu tidak asing PS dengar terutama dari member - member yang baru bergabung.

Tapi betulkah demikian.?

Justru sedekah itu HARUS PAMRIH dan HARUS HITUNG-HITUNGAN.

Tenang, jangan buru-buru emosi. PS tidak pernah memberikan statement tanpa ada dalil. Malah kebanyakan justru yang membantah dan yang bilang "nggak boleh berharap" itu yang nggak memiliki dalil. Mereka hanya berargumen dengan logika dan perasaan.

Yuk kita lihat dalilnya.

Pertama, tentu saja dari "Al Qur'an"

1. Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak..... (Al-Baqarah 245 )

2. Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah  adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (A- Baqarah 261)

3. Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. (At-Taubah 111)

4. Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.(As-Shaff 10-11)


Kemudian kita lihat dari "Hadits"

1. Tidak akan berkurang harta yang disedekahkan melainkan bertambah-bertambah dan bertambah (HR Tirmidzi)

2. Rasulullah saw bersabda: "Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian."

3. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. :Rasulullah Saw pernah bersabda, "Allah berkata, 'Keluarkanlah (infaq) dan akan akan kukeluarkan untukmu'"

Dari Sahabat dan Ulama

1. Ali Bin Abi Thalib berkata : Pancinglah rezekimu dengan sedekah

2. Imam Ja'far Ash-Shadiq (sa) berkata: "Mohon datangkan rizki dengan sedekah

Dari beberapa dalil tersebut, dapat kita lihat beberapa kesimpulan ;

1. Harta yang disedekahkan akan dilipatgandakan Allah dengan lipatganda yang banyak

2. Harta yang disedekahkan "dibeli" Allah dengan surga

3. Harta yang dibelanjakan di jalan Allah dapat menyelamatkan dari Azab

Pamrih, tentu saja boleh selama pamrih itu kepada Allah, bukan kepada Makhluk. Ketika kita bersedekah dan Yakin bahwa Allah akan mengganti, Insya Allah kita akan mendapat 2 pahala. Pahala bersedekah dan pahala berharap. Tih berharapnya kepada Allah, kepada Dia yang menjanjikan sedekah kita akan diganti dengan lipatganda yang banyak.

--

Pertanyaannya, untuk apa harta balasan sedekah yang banyak itu? Tentu saja untuk disedekahkan lagi dengan lebih banyak.


Gimana menurut teman-teman.......?

:)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar