SMILE...^_^

Senin, 19 Desember 2011

Arti dari 3K, memahami status yang sulit dipahami

Sebelumnya saya menulis status seperti ini :
...................
3K penentu Kualitas diri kita : Karakter, Kapasitas, dan Kapabilitas.
Agama adalah Kunci Karakter.
- Aqidah untuk Karakter Dalam (Invisible)
- Ibadah untuk Karakter Tengah (Invisible-Visible)
- Akhlak untuk Karakter Luar (Visible)
Karakter adalah bahan dasar untuk membangun Kapasitas.
dan, Kapasitas adalah wadah yang akan diisi oleh Kapabilitas.
.................

Ada sahabat yang minta penjelasan atas satus ini, dan inilah penjelasan singkatnya.
Bentuk dari Gelas adalah Kapasitas Anda. Bisa 200ml, atau bahkan bisa 1 liter. Itulah kapasitas Anda. Dan isi dari Gelas itu mencerminkan Kapabilitas Anda. Artinya, walaupun Anda memiliki Kapasitas 1000 ml, tapi Anda hanya mengisinya dengan Air Bening 100 ml, maka Anda akan dikalahkan oleh orang yang hanya memiliki kapasitas sebesar 250 ml tapi telah mengisinya dengan 200 ml air bening.
...
Atau, jika isinya sama-sama 200 ml, maka tinggal dilihat, apakah yang Anda isi, madu ataukah racun, permata ataukah batu. Nah itu pun akan mencerminkan kapabilitas Anda.
...
Sedangkan Karakter Anda adalah Bahan dasar dari Gelas tersebut. Kalau bahan dasarnya yang biasa-biasa saja, maka kalau di isi oleh sesuatu yang luar biasa, maka akan terlihat "ganjil". Sayangkan kalau gelas yang hanya terbuat dari beling biasa di isi oleh crystal permata yang nilainya miliaran rupiah. Crystal yang mahal akan indah kalah di simpan di dalam wadah yang bisa melindunginya.
...
Nah, itu sebabnya Karakter kita adalah pelindung atas apapun yang hadir dalam kehidupan kita. Dan Karakter kita sangat bergantung kepada kualitas dari Aqidah, Ibadah, dan Akhlak kita.
...
Aqidah adalah hal yang tidak terlihat (invisible), ia terbenam di dalam jiwa terdalam kita. Ibadah adalah hal yang terlihat tapi keikhlasan dalam melakukannya tidak terlihat, ikhlas atau tidak hanya Allah yang paham (Visible-Invisible). Dan Akhlak adalah hal yang terlihat di permukaan, apakah ia orang yang berprilaku baik atau tidak, benar atau tidak, sesuai syari'at atau tidak (Visible).
...
Demikian penjelasan singkat atas status kami. Semoga berkenan.
...
Wallahu a'lam
KZ
www.cahaya-smeesta.com

https://www.facebook.com/note.php?note_id=10150320403022472

Tidak ada komentar:

Posting Komentar