SMILE...^_^

Rabu, 08 Juni 2011

Jangan Remehkan Kekurangan



Assalamualaikum wrwb.

Sobat Nida pasti pernah mendengar kisah mengenai orang gagap yang menjadi sales buku tebel? Rekan-rekannya sesama sales meremehkan dirinya.

"Gue aja nggak gagap gak bisa jual banyak, apalagi elo yang gagap!"

Tapi orang gagap tersebut tidak mempedulikan omongan orang lain, dan yang mengejutkan... ternyata ia justru menjadi sales terbaik dengan penjualan buku terbanyak bulan itu. 

Tentu saja semua orang bertanya-tanya, apa yang ia lakukan... kok bisa menjual buku dalam jumlah besar padahal gagapnya lebih parah dari Aziz gagap begitu? 

Ia pun bercerita, "Sa... saya ju... ju...wal... jualan... di... di... a... tas bis!" Teman-temannya melongo melihat sang gagap mencontohkan bagaimana cara ia menjajakan buku setebal 300 halaman tersebut di atas bus kota.

"Ba... bapak-bap...bapak, ib...ibu-ibu, sa... saya men...ju...al bu...bu...buku ba...bagus! Ha... harga...nya mu...murah bang...nget, cu...cuma ti...tiga pu..luh li...lima ribu!" 

Rekan-rekannya membayangkan betapa menyebalkannya menunggu si gagap menyelesaikan satu kalimat lengkap, tapi kok banyak yang mau beli ya? Apa karena kasihan? Tapi rupanya tidak, karena rahasia kesuksesan penjualan sang gagap ternyata ada pada kalimat terakhir yang ia ucapkan.

"B...b-bapak d...dan... i...ibu, ma...mau b-be...beli b..buku i...ini, a..a..atau sa...saya b-b-ba...bacakan!" Gubbrag! Daripada buku tebel gitu dibacakan sama si gagap, mendingan pada beli ajah!

Hohoho. Cerdas ya Sobat Nida? Meskipun cerita di atas cuma fiktif, tapi banyak hikmah yang bisa kita ambil loh, Sob.

Yang pertama, jangan pernah meremehkan kekurangan orang lain! Terkadang kekurangan malah bisa menjadi senjata yang menguatkan. Betapa banyak orang yang dianggap memiliki kelemahan, tapi ternyata sukses besar justru karena kelemahan yang diidapnya tersebut.

Yang kedua, jangan pernah mempedulikan cemoohan orang lain pada kita! Mungkin banyak orang yang meragukan kapasitas diri kita, meremehkan kemampuan kita, tidak perlu kita pikirkan semua itu! Satu-satunya yang perlu kita lakukan adalah mengerahkan semua potensi terbaik yang kita miliki.

Yang ketiga, Jangan pernah meremehkan diri sendiri! Orang lain boleh berkata apapun tentang kekurangan kita, tapi kita tidak boleh menjelek-jelekkan diri sendiri hanya karena kekurangan yang kita miliki. Semua orang punya kekurangan kok, tapi ada yang mempermasalahkan kekurangan tersebut, ada pula yang tidak. Nah, jadilah orang yang tidak pernah meremehkan kemampuan diri sendiri. Karena sejatinya, kemampuan yang kita miliki adalah pemberian Allah, ketika kita meremehkannya, berarti kita telah melakukan penghinaan terhadap pemberian Allah.

Yuk kita belajar menjadi orang yang mampu memanfaatkan kelemahan menjadi kekuatan!

Wassalam

copas dr Annida Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar