SMILE...^_^

Rabu, 08 Juni 2011

Tidak Perlu Paksa Orang Lain Berubah



Es Balok
Assalamualaikum wrwb.

Sobat Nida, pernah mendengar kisah mengenai seorang raja yang harus melihat benda-benda berwarna hijau agar penyakitnya lebih cepat sembuh?

Menurut tabib, dengan banyak melihat warna hijau, penyakit yang diderita sang raja akan cepat lenyap. Maka, serta-merta sang raja memerintahkan seluruh istananya di-cat berwarna hijau, seluruh tirai juga berganti warna hijau, seluruh pakaian dayang dan pengawalnya juga diganti menjadi hijau, termasuk kamar raja, sprei, bantal, dan karpetnya semua diganti menjadi warna hijau.

Begitu sang tabib datang kembali ke istana untuk memeriksa sang raja, betapa kagetnya ia melihat keadaan istana yang berubah menjadi serba hijau.

"Mohon maaf tuan raja..." ujar sang tabib, "Sebenarnya daripada Anda repot-repot mengubah semua istana menjadi hijau, juga menyuruh semua pengawal dan dayang Anda berseragam hijau, ada cara yang lebih mudah agar Anda selalu melihat warna hijau."

"Cara apa itu?" tanya sang raja.

"Anda ganti saja kacamata Anda dengan yang berlensa hijau!"

Hoho. 

Sobat Nida, merasa gak sih bahwa kita sering kali "memaksa" hal-hal di luar kita untuk menjadi seperti apa yang kita inginkan? Kita repot-repot mengubah semuanya seperti yang kita harapkan. Sungguh melelahkan dan bikin stres, bagi diri kita maupun orang lain. Padahal satu-satunya yang bisa dipaksa untuk diubah adalah cara pandang kita sendiri!

Dalam hidup ini, kita perlu menyadari bahwa tidak semua orang memiliki pandangan yang sama dengan kita. Ketimbang menggunakan kekuasaan kita untuk mengubah orang lain, jauh lebih mudah mencoba "kacamata lain" sehingga kita bisa memahami mengapa orang tersebut tidak sepaham dengan kita. Baru kemudian kita pelan-pelan mengubahnya. Lagipula, perubahan yang tidak diiringi dengan pemahaman dijamin tidak akan langgeng dan malah berpotensi membawa bahaya. 

Allah saja tak menghendaki adanya pemaksaan, coba simak ayat 256 surat Al-Baqarah: "Tidak ada paksaan dalam agama. Sesungguhnya telah jelas jalan yang benar dari jalan yang sesat."

Artinya, tugas kita adalah selalu memperdalam pemahaman agar semakin jelas bagi kita mana yang benar dan mana yang sesat, serta dapat memperlihatkan pada orang lain kebenaran tanpa perlu mempergunakan paksaan.
Yuk belajar untuk mengubah dari dalam diri sendiri dulu, baru ke luar!

Wassalam
copas dr Annida Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar