SMILE...^_^

Sabtu, 09 April 2011

Sedekah Senyum? Nanti Aja!


Tapi bukankah senyum itu termasuk sedekah?
Ya iyalah, yang bilang bukan sedekah itu siapa? Hehehe!
Sebenarnya cakupan sedekah itu sangat luas, asal katanya dalam bahasa arab berarti “benar” yang maksudnya sesuatu perbuatan yang benar itu termasuk golongan sedekah seperti :
  1. Berzikir dan Shalat Dhuha
  2. Amar Ma’ruf Nahi Mungkar / mengajak kebaikan dan mencegah orang lain berbuat keburukan
  3. Hubungan Intim Suami Istri
  4. Bekerja dan memberi nafkah pada sanak keluarganya
  5. Membantu urusan orang lain
  6. Mendamaikan dua orang yang berselisih
  7. Menjenguk orang sakit
  8. Berwajah manis atau memberikan senyuman
Tapi kita disini membicarakan tentang sedekah harta, soalnya banyak sekali yang berlindung dibalik sedekah senyum sehingga menjadi terlalu pelit untuk mengeluarkan harta karena merasa cukup hanya dengan sedekah senyum
Coba lihat ini ;
  • Orang yang kelaparan
  • Anak Yatim Piatu dan Dhuafa
  • Korban bencana alam
Apa jadinya kalau mereka itu kita beri sedekah senyuman? Saya jamin pasti Anda akan dianggap gila kalau tersenyum melihat orang yang kelaparan.
Alangkah lebih baiknya kalau kita bersedekah harta sambil tersenyum, itu baru pas. Sedekah harta saja juga tidak cukup kalau kita memberikannya tidak sambil tersenyum, yang parah lagi kalau sampai mengungkit-ungkit kembali sedekah yang kita berikan sehingga orang yang disedekahi itu merasa sakit hati

Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut  pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. ( Q.S Al Baqarah 262 )


Purdi E Chandra, mentor saya pernah bilang : Sedekah senyum balasannya juga senyum. Sedekah do’a balasannya kita juga didoain malaikat. Tapi kalau sedekah harta, selain dapat balasan harta, kita juga pasti didoakan orang yang kita sedekahi dan diberi senyuman plus ucapan terima kasih. “Wah, benar juga itu” saya pikir.

Marah Adil
Founder Komunitas Pencinta Sedekah
===
Mau mengikuti twit dari PS setiap harinya? follow PS di twitter @pencintasedekah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar